Dana Desa Sikumbu Madina Diduga Jadi Bancakan Oknum Kades

Advertisements
Advertisements

Madina-ZonadinamikaNews.com.Oknum kepala Desa Sikumbu Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal, diduga keras menjadikan anggaran pemerintah melalui Dana Desa khususnya tahun 2019 menjadi ajang korupsi demi memperkaya diri dan keluarganya.

Dugaan itu makin kontras bahwa dugaan tercium dari kegiatan pembangunan sebuah jembatan yang diduga jadi sarana korupsi dengan modus operandi penggelembungan biaya atau mark up.

Hasil investigasi media ini bersama LSM LPAKAN RI Kab Mandailing Natal pada sebuah pembuatan jembatan dengan biaya ratusan juta. Namun dari besaran biaya tersebut tidak sebanding dengan fakta dilapangan.

Berdasarkan data, pembangunan sebuah jembatan di desa Sikumbu untuk pembangunan jembatan tahun 2019 adalah Rp 334.687.500, sementara realisasi anggaran berkisar hanya menghabiskan Rp 100400.000.

Praktek dugaan korupsi ini diduga sangat berpotensi merugikan keuangan negara bahkan disinyalir menjadi bahan bancakan oknum kades.

Hasil pengamatan dilapangan, kondisi jembatan terlihat tidak berkualitas dan diduga jenis material dan takaran campuran semen dan pasir tidak mengaku pada kualitas, hal itu berdampak pada kondisi jembatan sudah banyak tanda-tanda retak.

Sejumlah masyarakat yang berdektan dengan jembatan kepada media ini mengatakan, Ini bukti bahwa kualitas jembatan tidak berbobot dan jadi ajang korupsi oleh oknum Kades, kami dulu mengamatin waktu saat pengerjaan, asal-asalan.

“Kami sangat kecewa dengan hasil pembangunan jembatan ini, baru dibangun begini sudah banyak yang rontok, dan tidak lama lagi akan hancur berantakan” terang sumber.

Sayang hingga berita ini diturunkan kepala desa belum berhasil di minta klarifikasinya.

(Faisal Haris)

This Article Was Written By

Karawang sinawang

Leave a Comment