GMBI Aceh Minta Bansos PKH Ta’ati Peraturan

Advertisements
Advertisements

IDI — KarawangSinawang.com. LSM (GMBI) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia, Yusri Ketua Distrik Aceh Timur Meminta kepada masyarakat yang ingin mendapatkan Bansos PKH dari Kementerian Sosial (Kemensos) berikut ini adalah syarat dan ketentuannya.

Yusri mengatakan masyarakat Harus Tahu Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Ujarnya

Karena suatu upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indone­sia telah melaksanakan PKH. Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal didunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi di negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.ungkap Yusri

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.

Seperti diketahui Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) mulai menyalurkan Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) tahap bertahab yang akan dicairkan pada Januari 2021

GMBI Aceh timur terus memantau serta mengawasi Bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) telah menggelontorkan anggaran Rp28,71 triliun. Bansos itu telah diperpanjang penyalurannya hingga 2021 dengan kuota 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Iya juga mengutip juknis layanan resmi Kementerian Sosial (Kemensos), berikut kriteria penerima bansos PKH:Segera Cek Cara Mendapatkan Bansos PKH dengan Mudah, Berikut Syarat dan Ketentuannya /website Kemensos.

1. Kriteria Komponen Kesehatan

Terdiri dari Ibu hamil dan anak usia 0 sampai dengan 6 tahun.

2. Kriteria Komponen Pendidikan

Terdiri dari anak Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), atau sederajat, anak Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (Mts), atau sederajat, dan anak Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah, atau sederajat serta anak usia 6-21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun.

3. Kriteria Komponen Kesejahteraan Sosial

Terdiri dari penduduk lanjut usia mulai 60 tahun ke atas dan penyandang disabilitas diutamakan penyandang disabilitas berat.

Sedangkan jumlah bantuan bansos PKH juga beragam sesuai kriteria berikut:

Kategori Ibu Hamil/Nifas diberikan bantuan sebesar Rp. 250.000 per bulan, sedangkan kategori Anak Usia Dini 0 s.d. 6 Tahun sebesar Rp. 250.000 per bulan.dan juga ada beberapa hal yang lain nya ucap Yusri.(zdn)

This Article Was Written By

Karawang sinawang

Leave a Comment