Komunitas Acil Ende Sulap Sampah Menjadi Sofa

Advertisements
Advertisements

Ende. ZonadinamikaNew.com – Komunitas Anak Cinta Lingkungan ( ACIL ) Kabupaten Ende Flores NTT sulap sampah – sampah di kabupaten Ende menjadi Sofa yang bernilai Jual tinggi.

Ketua Acil Ende Umar Hamdan ( 46 ) saat ditemui awak media sabtu ( 06/03/2021) di saung Acil Ende menyampaikan bahwa Komunitas Acil Ende terbentuk sejak 04 desember 2013. Keterpanggilan Membentuk Komunitas berawal dari kepedulian terhadap alam dan lingkungan.

Saya peduli dengan alam dan lingkungan yang harus kita pertanggungjawabkan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sang Pemilik Bumi. Tugas kita menjaga bumi. Kita ketahui bumi kita sudah rapu ungkapnya.

Cerita tentang sampah panjang pak mungkin pada kesempatan ini saya fokus bagaimana kami mengelola sampah tuturnya, bagaimana saya mendapatkan sampah? Untuk mendapatkan sampah ungkap Umar sapaan karibnya, saya membentuk unit – unit bang sampah. hingga saat ini sudah mencapai 5 unit bank sampah di Kabupaten Ende.

Disetiap Unit Komunitas Acil Ende memperkuat kapasitas pengurus Unit dengan berbagai pelatihan agar mampu memilahkan jenis jenis sampah. Dari hasil sampah di unit – unit komunitas Acil membelinya dengan harga yang sudah disepakati secara bersama sama.

Selain kita membersihkan sampah disisi lain komunitas di setiap Unit mendapatkan penghasilan berupa bang sampah dan ekonomi kreatif lainnya dari hasil kerajinan tangan yang bahan bakunya adalah sampah plastik.

Sudah banyak produk olahan kami dari sampah plastik seperti tas, pot bunga kotak tisu hingga sofa. Kita sedang fokus produksi pesanan sofa 20 unit tutur Umar.

Lanjutnya untuk mendapatkan 1 set sofa yakni 4 kursi dan 1 meja bahan baku dari sampah plastik mencapai 20 kg, sampah plastik di buat jadi Ekobrik dan di rakit menjadi Sofa. Harga 1 set sofa kita jual Rp. 1.500.000 bebernya.

Hingga saat ini banyak masyrakat bahkan pihak kampus belajar di Komunitas kami. Salah satunya dari Universitas Flores mengirim mahasiswa nya untuk magang.

Bagi saya dengan kegiatan kreatifitas dan inovatif dari Komunitas Acil secara tidak langsung telah membantu pemerintah dalam mengatasi sampah – sampah yang sudah menjadi momok dan dapat menciptakan masalah baru di bidang kesehatan.

Pantauan Awak media peserta Magang dari Mahasiswa Universitas Flores bersama ketua Acil sedang merakit Sofa dengan bahan bakunya dari sampah Plastik.
( FW. Zdn )

This Article Was Written By

Karawang sinawang

Leave a Comment