Besok, 11 Kepala Daerah Terpilih Pilkada 2020 Sumut, Salah Satunya Toba

Advertisements
Advertisements

Toba – KarawangSinawang.com.Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Utara melalui Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah telah melakukan Video Comferens (Vidcom) terkait jadwal pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020, ke masing masing kabupaten /kota yang baru selesai melaksanakan Pilkada 2020 lalu.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Toba, Drs Lalo H Simanjuntak kepada sejumlah media pada Kamis (25/02) sebagaimana informasi yang diperolehnya dari hasil Vidcom dengan Pemprovsu pada Rabu (24/02).

Dalam pemberitahuan tersebut, Kepala Bagian (Kabag) Otonomi Daerah Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Sumut, Ahmad Rasyid Ritonga menyebutkan, ada 11 kepala daerah yang akan dilantik dari 14 kepala daerah yang melaksanakan Pilkada 2020.

Berdasarkan hasil Vidcom itu, Biro Otda Propinsi Sumatera Utara menyatakan bahwa Pelantikan Bupati/ Wakil Bupati, Walikota/ Wakil Walikota akan dilaksanakan di Aula T. Riza Nurdin di Kompleks Rumah Dinas Gubsu Medan pada Kamis tanggal 26 Pebruari 2021 secara offline (dihadiri langsung).

Hal itu dilakukan demi menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid19, dimana pelantikan itu dilaksanakan dalam dua sesi yakni sesi I dimulai pukul 08.00 WIB untuk daerah Kab/Kodya Medan, Binjai, Asahan, Tanjung Balai, Humbang Hasundutan, dan Serdang Bedagai.

Sementara untuk sesi II akan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB untuk daerah Sibolga, Pakpak Barat, Labuhan Batu Utara (Labura), Tapanuli Selatan (Tapsel), dan Toba.

Dalam Vidcom itu, Kabiro Otda juga menyampaikan bahwa pelantikan hanya boleh dihadiri oleh langsung pejabat yang dilantik dan hanya boleh didampingi masing masing istri tanpa disertai rombongan, demi menghindari kerumunan sebagai salah satu Prokes.

Untuk seluruh keluarga kepala daerah terlantik dan para pejabat di daerah masing masing dapat menyaksikan rangkaian pelantikan itu secara Virtual maupun melalui media Youtube.

Usai Pelantikan Bupati/ Wakil Bupati, Walikota/ Wakil Walikota, rangkaian kegiatan akan langsung dilanjutkan dengan pelantikan Ketua Dekranasda dan Pengukuhan Ketua T.P PKK untuk masing masing Kabupaten/ Kota.

Sementara itu, adapun 3 kepala daerah daerah yang tidak ikut dilantik, kemungkinan karena masih bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). Sedangkan untuk mengantisipasi kekosongan 3 kepala daerah, Pemprov Sumut menyiapkan sekda di masing-masing daerah sebagai bupati/wali kota sementara.(JP).

 

This Article Was Written By

Karawang sinawang

Leave a Comment