Dahlan Iskan Terkait Dalam Kasus Sawah Fiktif

Advertisements
Advertisements

dahlan iskahJAKARTA,Zonadinamika.com. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengakui jika Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri tengah mengusut korupsi sawah fiktif di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat yang diduga melibatkan sejumlah perusahaan BUMN yang terjadi dalam kurun waktu 2012-2014.

“Kasus cetak sawah itu masih penyelidikan. Itu tahapan-tahapannya. Ada informasi soal itu dan tengah diselidiki apakah ada atau tidak pidananya,” kata Badrodin, Kamis (28/5).

Menurutnya kasus ini belum tentu sampai menyeret mantan menteri BUMN Dahlan Iskan yang waktu itu getol menggagas proyek ini.

“Bisa jadi hanya di level KPA atau PPK atau panitianya. Karena terlalu jauh kalau ke sana (menteri). Ini baru penyelidikan ya,” sambungnya.

Proyek ini dimulai pada Desember 2012 lalu. Niatnya merupakan proyek patungan sejumlah perusahaan BUMN yang nilainya mencapai Rp 317 miliar.

Awalnya akan mencapai 3.000 ha. Di tahun 2013 akan diteruskan menjadi 40.000 ha dan di tahun 2014 bisa mencapai 100.000 ha. Untuk itu BUMN akan mengusahakan dana sampai Rp 5 triliun kata Dahlan saat itu.

Penanggung jawab proyek ini adalah salah satu BUMN pangan PT Sang Hyang Seri (SHS). Lalu juga ada yang membantu teknologi (seperti PT Batantekno dan PT Pupuk Indonesia), ada juga yang ambil bagian untuk land clearing dan penyiapan lahan, (PT Hutama Karya, PT Brantas Abipraya), konsultan perencanaan dan pengawasan (PT Indra Karya dan PT Yodya Karya).

Bank BNI, Bank BRI, Mank Mandiri, PGN, Pertamina, Indonesia Port Corporation (IPC), dan beberapa BUMN lain mendukung dari sisi pendanaan ungkap Dahlan kala itu.

Sedianya polisi akan memeriksa mantan Dirut Pertamina Karen Agustiawan dan Dirut PGN Hendi Priyosantoso hari ini namun, keduanya dipastikan tidak hadir dan akan dipanggil kembali.

Penyelidikan kasus ini telah dilakukan sejak April 2015. Ada 21 saksi yang telah diperiksa, termasuk enam orang camat, kepala desa, ketua RT, dan petani di Kecamatan Hilir Utara. Polisi menduga sawah itu fiktif.(pan/b1)

This Article Was Written By

Karawang sinawang

Leave a Comment