Limbah Cair PT TPL Sesuai Baku Mutu Dengan Pemeriksaan Berkala

Advertisements
Advertisements

Toba -Zonadimikanews.com. Menjernihkan simpang siur yang beredar di Masyarakat Toba, terkait limbah cair yang mereka buang ke Sungai Asahan pihak management PT Toba Pulp Lestari Tbk (PT TPL) mengundang pihak Dinas Lingkungan Hidup, Pemerintah Kabupaten Toba untuk melihat langsung kondisi limbah yang dibuang sudah sesuai baku mutu, Jumat (15/1/2021).

Santer beredar di media sosial, limbah cair TPL yang dibuang sebagai limbah B3 telah mencemari air Sungai Asahan sehingga bisa berdampak sangat membahayakan populasi kehidupan di sungai tersebut.

Perusahaan juga dinyatakan melakukan pembuangan limbah secara diam-diam, melalui saluran pipa tersembunyi sehingga limbah beracun yang dibuang tidak kelihatan sebab berada dibawah permukaan air.

Menanggapi hal ini perusahaan bersama Dinas Lingkungan Hidup dan rekan media menyaksikan kondisi air sungai, proses pengolahan limbah serta melihat disekitar pembuangan limbah cair, banyak warga yang melakukan aktifitas memancing ikan; memperlihatkan kehidupan masih berlangsung di sungai tidak seperti yang beredar di media sosial.

Jekson Sinurat, Manager Lingkungan PT. TPL, bersama rekan media yang lain menegaskan, perusahaan telah melakukan parameter-parameter kelayakan agar limbah cair layak untuk dialirkan ke sungai tanpa mengganggu kehidupan hewan air seperti ikan dan lainnya.

“Perusahaan sudah melakukan monitor kelayakan limbah untuk dibuang kesungai mengacu kepada peraturan pemerintah empat parameter yaitu, COD , BOD, TSS dan PH namun kita memonitor lebih banyak dari itu, terdapat lebih dari sepuluh parameter yang dilakukan PT TPL untuk memenuhi baku mutu.”

Lanjut Jekson, perusahaan tidak pernah menyembunyikan kelayakan limbah yang dialirkan, terlebih limbah cair. Perusahaan juga selalu melakukan pengujian kelayakan air hasil akhir produksi yang dialirkan ke sungai satu kilometer ke hulu dan satu kilometer ke hilir.

“Program pemerintah untuk menentukan baik apa tidaknya limbah cair yang dibuang, diatur secara online ke server Kementerian Lingkungan Hidup, jadi kita tidak bisa main kucing-kucingan. Kita langsung online kepihak kementerian dari lokasi pembuangan limbah cair ini secara rutin dan berkala,” pungkas Jekson.

Sementara pihak Dinas Lingkungan hidup setempat, yang langsung dipantau Kabid PPLB3PP Rina Sondang Lumbantoruan saat tiba dilokasi merasa heran dengan isu yang beredar di media sosial tersebut, sementara dilokasi pembuangan banyak terlihat masyarakat memancing ikan, jika air terkontaminasi bagaimana mungkin ada pemancing ikan.

“Izin pemanfaatan permukaan air sudah mendapat kelayakan dari Badan Wilayah Sungai (BWS) Sungai Asahan, sehingga PT TPL memenuhi syarat membuang limbah cair ke Sungai Asahan. Dinas Lingkungan Hidup Toba juga selalu melakukan pengecekan sekali dalam tiga bulan, untuk memeriksa baku mutu limbah cair, sebelum memberikan izin kembali,” terang Rina.

Terkait adanya pemberitaan media yang mengatakan limbah TPL mencemari Sungai Asahan, Jandres Silalahi Direktur TPL membantah dengan tegas pemberitaan tersebut. Menurutnya pemberitaan atau video tersebut tidak menyebutkan kapan, dimana materi diambil, melakukan opini berdasarkan asumsi bukan fakta dan video itu diupload 3 tahun lalu. Setelah pengecekan internal, lokasi itu sendiri merupakan pembuangan atau outfall yang belum dirapikan tetapi tetap dengan kualitas air hasil akhir produksi yang sangat terjaga baku mutu dan dalam pengawasan para pihak.

Jandres menegaskan TPL telah menjalankan pengelolaan limbah secara profesional dan menerapkan tekhnologi pengolahan dengan standar internasional, audit secara rutin dan berkala juga dilakukan secara independen oleh Sucofindo dengan hasil yang tetap dalam ambang baku mutu lanjut Jandres.

Bentuk transparansi perusahaan menurut Jandres juga dilakukan dengan menampilkan pemantauan kualitas pengelolaan limbah secara realtime pada papan digital yang ada di perusahaan yang dapat dipantau oleh seluruh manajemen, staff, dan stakeholder kapan pun, 24 jam, tutup Jandres.

Turut hadir dari Pihak TPL Manager Environment MILL Jekson Sinurat, Staff Environment MILL Erwan Chandra, Staff Environment MILL Zulfazein Nandra, Manager Corporate Communications Norma Hutajulu, Humas Senior Pius Butarbutar, Media Relations Coordinator Juliandri Hutabarat, Kabid PPLB3PP Rina Sondang Lumbantoruan dan insan pers.(JP).

This Article Was Written By

Karawang sinawang

Leave a Comment