Waduh! Beredar KTP di Tapanuli Utara Dengan NIK yang Meragukan

Advertisements
Advertisements

Taput-KarawangSinawang.com.Ada keluarga di Banuaji Kecamatan Adiankoting, Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara memiliki dokumen pribadi berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang diragukan ke absahanya.

KTP ini dalam satu keluarga inipun sudah dicetak sejak tahun 2012, kecurigaan akan legalitas KTP itu muncul, ketika anaknya pulang dari perantauan, yang tiba-tiba meneliti KTP adik kandungnya yang berencana mengurus dokumen untuk kelengkapan untuk lamaran kerja.

Setelah meneliti KTP tersebut,ada yang aneh, sebab dalam NIK KTP tersebut tidak singkron atau tidak muncul tanggal lahir,bulan dan tahun kelahiran.

Mereka pemilik KTP tersebut adalah  Maudur Panggabean                          lahir di Desa Banuaji  08-09-1961., Rowina Panggabean lahir Desa Banuaji   20-04-1995, Dorlin Lumbantobing lahir Desa Banuaji.  16-08-1962, mereka warga Banuaji 4 Rt/Rw :000/000 Desa : Banuaji.Kecamatan : Adiankoting Kab Tapanuli Utara.

Tulus Panggabean sebagai anak mencoba mempertanyakan perihal akan keabsahan KTP keluarganya tersebut pada pihak Dinas Catatan Sipil Tapanuli Utara, namun jawaban yang kurang memuaskan yang dia dapat, bahkan menyalahkan saat pengurusan yang dulu.

” Saya sudah mempertanyakan perihal KTP yang tidak muncul tanggal lahir,Bulan dan Tahun Kelahiran, sebab setiap NIK dalam KTP selalu ada tanggal lhir, bulan dan Tahun, tapi kenapa KTP kekuarga orang tua saya dan adik saya tidak ada, jangan-jangan palsu” Kata Tulus.

Meraya menambahkan, ini baru saya tahu,dan kebetulan saya merantau di Jakarta, ironisnya, pihak Capil mengatakan kesalahan pengurusan dulu, dan ketika saya tanya lagi, apakah ini bisa di perbaiki, pihak Capil mengatakan bisa, tapi sangat lama waktunya.

Lebih aneh lagi, masa pihak Capil mengatakan bahwa ini kesalahan saat pengajuan dulu, kan yang memproseskan mereka, warga hanya mengisi formulir yang disediakan oleh pemerintah.

Setelah saya cocok kan dengan KTP pada tahun yang sama pembuatannya, dalam NIK, timbul koh tanggal lahir,bulan dan tahun, tapi KTP orang tua saya tidak timbul, sementara tahun pembuatan sama, yaitu tahun 2021.Ungkap Tulus.

Yang mengkhawatirkan kami, suatu saat ada pengurusan dokumen penting terkendalah, karena NIK KTP tidak sesuai dengan tanggal lahir,bulan dan tahun.

Oleh karena itu, pihak memintah pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam hal ini dinas catatan sipil jangan membuat bingung masyarakat dan bisa memperbaiki,demi kelangsungan dan kenyamanan masyarakat mengurus dokumen.

(zdn)

This Article Was Written By

Karawang sinawang

Leave a Comment