Jelang Paskah, Polres Toba Tambah Pengaman Ditempat Ibadah Dan Objek Vital Kabupaten Toba

Advertisements
Advertisements

Toba-KarawangSinawang.com.Pengamanan Gereja jelang Paskah Polres Toba akan menambah personil termasuk Objek Vital yang ada di kabupaten Toba dan sejumlah titik keramaian , Provinsi Sumatera Utara Sejak pasca-ledakan diduga bom bunuh diri di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu (28/3) sekira pukul 10.20 WITA dan penyerang Mabes Polri beberapa saat waktu yang lalu.

Berkaitan dengan penyerangan mabes polri,Kapolres memerintahkan Waka polres Kompol Janner Panjaitan SH,NH untuk menambah kekuatan di Mako polres Toba atau ( mempertebal) penjagaan untuk mengantisipasi teror tersebut.

Dengan adanya kejadian tersebut, kami akan intensifkan pengamanan gereia-gereja, sekitar (75) gereja di kabupaten Toba, dan menambah personil dalam giat patroli yang sudah berjalan,dan akan mensiagakan personil Polri Polres Toba 165 orang terdiri dari Sat Sabhara,sat lantas,satreskrim,satnakoba,satintelkam dan yang lain termasuk Polsek jajaran kata Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya S.ik, SH, MH, (31/03/2021)

Kapolres Toba juga mengatakan, pengamanan di Kabupaten Toba ditingkatkan dengan melakukan Patroli rutin dengan sasaran lokasi-lokasi yang menjadi pusat keramaian dan objek vital seperti gereja, pasar, Perkantoran, Pelabuhan dan Fasilitas Umum Lainnya

Terkait peristiwa itu, kami kepolisian yang bekerja sama dengan TNI, beserta seluruh elemen masyarakat untuk selalu tetap waspada di wilayah masing-masing dan mengantisipasi setiap kegiatan masyarakat,” kata AKBP Akala

Kita juga mulai penebalan penjagaan di tempat-tempat ibadah di Kabupaten Toba,” jelas Kapolres Toba

Untuk itu pihak kepolisian khususnya dalam hal ini Polres Toba pasca kejadian Bom Makassar jadi kita dari jajaran Polres Toba terutama kegiatan preventif untuk melakukan kegiatan patroli sambil berkoordinasi dengan pihak gereja yang ada di Kabupaten Toba karena dalam minggu ini menjelang perayaan hari raya paskah. Kita sudah rutin melakukan kegiatan patroli pada hari Minggu, pasca ada kejadian Bom Makassar patroli jadi kami tingkatkan lagi terutama gereja yang melaksanakan ibadah paskah,” kata Kapolres Toba

Pihaknya juga menjamin keamanan umat dan jemaat dalam menjalankan kegiatan ibadah di masa Pekan Paskah, yang dimulai dari Kamis Putih, Jumat Agung hingga Minggu Paskah. Terlebih, beberapa Gereja tetap menggelar ibadah tatap muka meski dengan jemaat yang dibatasi sesuai protokol kesehatan.

“Kita jamin keamanan warga Kabupaten Toba, saudara kita yang akan beribadah di masa Paskah. Kita bersama TNI akan memberikan pengawalan dan pengamanan penuh di setiap kegiatan ibadah di Gereja pada masa Paskah ini,” tambah Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya S.ik, SH, MH

Tempat ibadah yang dimaksud bukan hanya gereja, tapi termasuk masjid dan rumah ibadah lainnya. Tidak hanya tempat ibadah, Polres Toba juga mempertebal pengamanan di pusat keramaian yang rawan terjadi tindak kriminal.

Atas kejadian tersebut, Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpancing pada isu-isu yang berkembang. Agar segera beri info kepada pihak kepolisian jika ada penduduk pendatang yang gerak-geriknya sangat mencurigakan.

Bila mana ada sesuatu yang janggal, Akala berharap masyarakat dapat kooperatif dan melaporkan ke Polsek terdekat.

“Kalau ada terjadi hal-hal yang mencurigakan, cukup memberikan informasi kepada kepolisian,” Tutup Kapolres Toba AKBP Akala Fakta Jaya S.ik, SH, MH.

Selain antisipasi gangguan teror di tempat ibadah, Polisi di lokasi juga terus mengingatkan pentingnya masyarakat mematuhi Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19. (JP).

This Article Was Written By

Karawang sinawang

Leave a Comment